Perbezaan Kelah dan Tengas: Karakteristik dan Keunikan

Perbezaan Kelah dan Tengas: Karakteristik dan Keunikan
Share Artikel Ini Di Media Sosial

Perbezaan Kelah dan Tengas: Karakteristik dan Keunikan

Tahukah anda Perbezaan Kelah dan Tengas? Ikan kelah (Tor tambroides) dan ikan tengas (Puntius schwanenfeldii) adalah dua jenis ikan air tawar yang populer di kalangan para pecinta akuarium dan pemancing. Meskipun keduanya termasuk dalam keluarga ikan cyprinidae, keduanya memiliki perbedaan khas dalam hal karakteristik fisik, habitat, dan perilaku. Artikel ini akan membahas perbedaan antara ikan kelah dan tengas, serta keunikan masing-masing jenis.

Baca Juga : Tips Penjagaan Ikan Kelah: Cara Merawat Ikan Hias Berharga dengan Baik

Karakteristik Ikan Kelah

  • Ikan kelah, juga dikenal sebagai kelah besar, merupakan ikan air tawar yang memiliki ukuran yang relatif besar. Berikut adalah beberapa karakteristik utama dari ikan kelah:
  • Bentuk Tubuh: Ikan kelah memiliki tubuh yang memanjang dan agak pipih dengan punggung yang melengkung. Sirip punggungnya memiliki sisik di bagian atasnya, yang menjadi ciri khas dari keluarga kelah.
  • Warna: Warna ikan kelah bervariasi, tetapi umumnya cenderung kecoklatan atau hijau keabu-abuan dengan bercak-bercak hitam di tubuhnya.
  • Ukuran: Ukuran ikan kelah bisa mencapai sekitar 30 hingga 50 cm, tergantung pada kondisi dan lingkungan tempat hidupnya.

Karakteristik Ikan Tengas

  • Ikan tengas, atau juga dikenal sebagai ikan tenggiri, merupakan ikan air tawar yang lebih kecil dibandingkan dengan ikan kelah. Berikut adalah beberapa karakteristik utama dari ikan tengas:
  • Bentuk Tubuh: Ikan tengas memiliki tubuh yang lebih ramping dengan punggung yang lurus dan sedikit melengkung. Sirip punggungnya juga memiliki sisik di bagian atasnya, mirip dengan ikan kelah.
  • Warna: Ikan tengas umumnya memiliki warna keperakan atau keabu-abuan dengan beberapa garis-garis gelap di sisi tubuhnya.
  • Ukuran: Ukuran ikan tengas biasanya berkisar antara 15 hingga 25 cm, menjadikannya lebih kecil daripada ikan kelah.
  • Perbedaan Habitat dan Perilaku

 

Perbedaan habitat dan perilaku juga menjadi ciri khas bagi kedua jenis ikan ini:

Habitat Ikan Kelah:

Ikan kelah biasanya ditemukan di sungai-sungai besar dan danau-danau yang memiliki aliran air yang cukup kuat. Mereka lebih suka hidup di perairan yang tenang dengan dasar berlumpur atau berbatu.

Habitat Ikan Tengas:

Ikan tengas cenderung hidup di perairan yang lebih dangkal seperti sungai kecil, rawa-rawa, atau kolam. Mereka juga sering ditemukan di sekitar perairan yang memiliki vegetasi yang cukup.

 

Keunikan Masing-Masing Ikan

Selain karakteristik dan habitatnya, kedua jenis ikan ini juga memiliki keunikan tersendiri:

Keunikan Ikan Kelah: Ikan kelah merupakan ikan yang kokoh dan kuat. Mereka dikenal memiliki kebiasaan migrasi untuk mencari daerah pemijahan yang lebih baik ketika musim hujan tiba. Ini membuat mereka menjadi primadona bagi para pemancing karena daya tarik perburuan yang tinggi.

Keunikan Ikan Tengas: Ikan tengas memiliki gerakan yang cepat dan lincah dalam air. Selain itu, mereka juga dikenal sebagai ikan pemangsa, memakan serangga, larva, dan plankton, sehingga menjadi bagian penting dalam menjaga ekosistem perairan.

 

Kesimpulan

Meskipun ikan kelah dan tengas termasuk dalam keluarga ikan cyprinidae, keduanya memiliki perbedaan yang khas dalam hal karakteristik fisik, habitat, dan perilaku. Ikan kelah memiliki ukuran lebih besar, warna yang cenderung coklat atau hijau, dan hidup di perairan yang lebih besar dengan aliran air yang kuat. Di sisi lain, ikan tengas lebih kecil dengan warna yang lebih keperakan, dan sering ditemukan di perairan dangkal dan tenang. Keunikan masing-masing ikan ini menambah daya tarik bagi pecinta akuarium dan pemancing, serta memperkaya keanekaragaman hayati di perairan air tawar kita.

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *