Perbezaan Ikan Kelah dan Empurau: Dua Ikon Ikan Air Tawar Malaysia

Perbezaan Ikan Kelah dan Empurau: Dua Ikon Ikan Air Tawar Malaysia
Share Artikel Ini Di Media Sosial

Perbezaan Ikan Kelah dan Empurau: Dua Ikon Ikan Air Tawar Malaysia

Tahukah anda Perbezaan Ikan Kelah dan Empurau? Malaysia, negara yang kaya akan keanekaragaman hayati, terkenal dengan keindahan alamnya yang melimpah. Di antara harta karun alam Malaysia terdapat dua spesies ikan air tawar yang sangat istimewa dan menjadi primadona bagi para pemancing dan pecinta ikan, yaitu ikan Kelah (Tor tambroides) dan ikan Empurau (Tor douronensis). Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi perbezaan antara kedua ikan ini yang memukau hati banyak orang.

Baca Juga : Perbezaan Kelah dan Tengas: Karakteristik dan Keunikan

Ikan Kelah

Ikan Kelah, juga dikenal sebagai ikan Mahseer atau ikan Empurau Gading, adalah salah satu spesies ikan air tawar terbesar di dunia. Ikan ini memiliki tubuh yang tegap dengan sisik besar yang mencuat seperti cincin pada bagian sisik. Bentuk kepala ikan Kelah cenderung menonjol, dengan mulut yang besar dan kuat untuk mencerna makanan berat seperti udang, ikan kecil, dan serangga air.

Kelah adalah ikan air tawar yang sangat berharga dan populer di kalangan pemancing. Ikan ini dianggap sebagai ikan suci oleh suku-suku pribumi di Malaysia, yang menambah nilai mistis dan budayanya. Sayangnya, populasinya mengalami penurunan drastis karena perburuan berlebihan dan kerusakan habitat alaminya.

 

Ikan Empurau

Ikan Empurau, juga dikenal sebagai ikan Empurau Batu, adalah salah satu ikan air tawar yang paling mahal dan langka di Malaysia. Ikan ini dikenal karena warna perutnya yang merah cerah, kulit perak keabuan, dan warna siripnya yang merah dan hijau mencolok. Bentuk tubuhnya lebih ramping dibandingkan Kelah, dengan mulut yang besar dan kepala yang cenderung datar.

Empurau merupakan ikan yang endemik di beberapa sungai di Sarawak dan Kalimantan Barat, dan populasinya terancam oleh hilangnya habitat, pendangkalan sungai, serta perburuan ilegal yang dilakukan karena nilainya yang tinggi di pasar. Ikan Empurau dikenal sebagai “raja ikan” atau “ikan mewah” dan sering dijadikan hidangan eksklusif di restoran-restoran mewah.

 

Perbezaan Antara Ikan Kelah dan Empurau

Meskipun ikan Kelah dan Empurau memiliki beberapa persamaan, ada juga perbedaan khas di antara keduanya:

Habitat: Kelah umumnya ditemukan di perairan berarus deras, seperti sungai-sungai dan anak sungai yang berbatu dengan aliran air yang cukup kencang. Sementara itu, Empurau cenderung menghuni perairan sungai yang lebih tenang dengan kedalaman yang dalam.

Bentuk Tubuh: Kelah memiliki tubuh yang lebih tegap dan cenderung bulat, sedangkan Empurau memiliki tubuh yang lebih ramping dan datar.

Warna: Empurau memiliki perut yang khas berwarna merah cerah, sedangkan Kelah cenderung memiliki warna perut yang lebih netral.

Harga: Empurau memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan Kelah, bahkan menjadi salah satu ikan air tawar termahal di dunia.

Status Konservasi: Kedua ikan ini menghadapi ancaman terhadap kelangsungan hidup mereka, tetapi status konservasi Empurau lebih kritis karena populasi yang semakin langka.

 

Kesimpulan

Ikan Kelah dan Empurau, sebagai dua ikon ikan air tawar Malaysia, memiliki keunikan dan pesona masing-masing. Namun, kedua spesies ini menghadapi tantangan dalam kelangsungan hidupnya. Penting bagi kita untuk memahami perbedaan dan keunikan mereka serta ikut berpartisipasi dalam upaya konservasi untuk memastikan bahwa keindahan ikan-ikan ini akan tetap hadir untuk dinikmati oleh generasi mendatang. Melindungi ikan Kelah dan Empurau berarti kita juga menjaga keberagaman hayati dan keindahan alam yang begitu berharga bagi negara kita, Malaysia.

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *