4 Spesies Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia

4 Spesies Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia
Share Artikel Ini Di Media Sosial

4 Spesies Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia

Mungkin ramai yang tidak menyangka, spesis ikan bersaiz mega juga boleh didapati di kawasan air tawar. Spesis ikan air tawar terbesar dunia ini juga mempunyai jangka hayat yang agak lama.

Baca Juga : 5 Ikan Air Tawar Yang Mahal Harganya

Beluga / Sturgeon

Beluga adalah spesies ikan sturgeon yang mendiami sebagian Laut Hitam dan Laut Kaspia. spesis ini  dapat terus tumbuh sepanjang hidup mereka. Beluga dianggap sebagai ikan air tawar terbesar di dunia.

Beberapa ikan beluga terbesar yang pernah ditemukan bahkan mencapai panjang hampir 7,3 meter dan berat lebih dari 1,6 ton. Beluga menetaskan telurnya di sungai air tawar, kemudian menjalani kehidupan dewasanya di air asin, lalu kembali ke hulu untuk bertelur. Beluga sendiri diketahui merupakan salah satu spesies ikan yang terancam punah.

 

Alligator Gar

Alligator gar merupakan ikan terbesar kedua di Amerika Utara. Ikan ini memiliki dua baris gigi besar dan moncong seperti buaya. Ikan ini termasuk ke dalam ikan karnivor yang dapat hidup di air tawar dan air masin.

Mereka hidup hingga 50 tahun dan memiliki sedikit predator alami. Kamu bisa menemukan ini di lembah Sungai Mississippi yang lebih rendah dan di perairan negara bagian Pantai Teluk.

 

Arapaima

Arapaima merupakan ikan raksasa yang pertama kali dijumpai di Sungai Amazon. Arapaima telah ada sejak Miosen dan dianggap sebagai fosil hidup. Ikan ini dulunya mampu tumbuh hingga panjang 3 meter dan berat 300 kilogram.

Namun, akibat penangkapan berlebihan, ikan ini sekarang hanya mampu tubuh mencapai sekitar enam panjang kaki dan 125 kg. Arapaima termasuk ikan yang unik karena mampu menghirup udara dan dapat bertahan hidup hingga 24 jam di luar air.

 

Ikan pari air tawar raksasa

Salah satu spesies air tawar terbesar di dunia, ikan pari raksasa pertama kali diidentifikasi oleh para ilmuwan pada 1990-an. Ikan air tawar ini dapat tumbuh hingga ukuran besar dengan beberapa beratnya lebih dari 590 kg dan berukuran hampir 4,6 meter.

Ikan ini dapat ditemukan di sungai-sungai Asia Tenggara. Mereka memiliki ekor yang panjangnya mencapai 38 cm dengan paku bergerigi yang mampu menusuk tulang dan menyuntikkan racun. Sayangnya, ikan pari air tawar raksasa terancam punah karena penangkapan ikan dan hilangnya habitat.

 

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *