CARA CANDAT SOTONG : TIPS DAN TRIK UNTUK PARA PENCARI

CARA CANDAT SOTONG : TIPS DAN TRIK UNTUK PARA PENCARI
Share Artikel Ini Di Media Sosial

CARA CANDAT SOTONG : TIPS DAN TRIK UNTUK PARA PENCARI

Tahukah and cara candat sotong yang cepat dan efektif? Candat sotong merupakan kegiatan memancing yang menarik dan populer di kalangan para penggemar hobi memancing. Sotong, atau yang juga dikenal dengan sebutan cumi-cumi, adalah ikan laut yang cerdas dan lincah. Kecerdasan dan ketangkasannya menjadi cabaran tersendiri bagi para pemancing. Jika Anda tertarik untuk mencuba candat sotong, artikel ini akan memberikan panduan dan tips untuk membantu Anda menjadi seorang pencari sotong yang berjaya!

Baca juga : Panduan Asas Mencandat Sotong

Ketahui Kebiasaan Sotong

Cara candat sotong yang pertama adalah dengan memahami kebiasaan dan habitat sotong. Sotong cenderung aktif pada malam hari, sehingga waktu terbaik untuk mencandat biasanya setelah matahari terbenam. Selain itu, sotong senang bersembunyi di perairan yang memiliki rumput laut atau di sekitar terumbu karang. Mengetahui kebiasaan sotong akan membantu Anda untuk memilih lokasi yang tepat dan meningkatkan peluang Anda untuk menemukan sotong.

 

Sediakan Alatan Yang Tepat

Peralatan yang tepat merupakan kunci untuk keberhasilan semasa candat sotong. Beberapa peralatan yang harus Anda siapkan antara lain:

  • Candat sotong: Gunakan candat yang kuat dan mudah digunakan.
  • Umpan: Sotong biasanya tertarik pada umpan yang berpendar atau bercahaya. Anda dapat menggunakan umpan buatan berpendar atau mencoba menampalkan stiker fosfor pada umpan alami.
  • lampu kepala: Karena candat sotong dilakukan di malam hari, lampu kepala akan membantu Anda melihat perairan dengan jelas.
  • Tong/Bekas penyimpanan: Diperlukan untuk menyimpan sotong yang berhasil ditangkap.

 

Gunakan Teknik Memancing yang Tepat

Ada beberapa teknik memancing yang efektif untuk menarik perhatian sotong. Salah satu teknik yang umum digunakan adalah “jigging.” Teknik ini melibatkan gerakan umpan yang berulang-ulang dengan gerakan yang cepat dan perlahan. Gerakan ini meniru gerakan ikan mangsa dan menarik perhatian sotong.

Selain itu, teknik “trolling” juga dapat digunakan dengan menggunakan perahu yang dilengkapi dengan umpan yang berpendar. Perahu akan bergerak pelan di perairan yang diduga banyak dihuni oleh sotong.

 

Ciptakan Suasana yang Tenang

Sotong sangat peka terhadap getaran dan suara. Oleh karena itu, penting untuk menciptakan suasana yang tenang dan bebas gangguan. Berbicara dalam nada rendah dan menghindari suara yang kuat dapat membantu Anda tetap tidak terdeteksi oleh sotong di sekitar Anda.

 

Ketenangan dan Kesabaran

Seperti halnya dalam kegiatan memancing lainnya, ketenangan dan kesabaran merupakan kunci sukses dalam candat sotong. Mungkin saja Anda tidak langsung berhasil dalam beberapa percobaan pertama. Namun, dengan konsistensi, Anda akan semakin terampil dalam mencandat sotong dan merasakan kepuasan ketika berhasil menangkapnya.

Mencandat sotong merupakan kegiatan memancing yang menarik, namun juga memerlukan pemahaman, persiapan, dan teknik yang tepat. Dengan memahami kebiasaan sotong, menggunakan peralatan yang sesuai, menerapkan teknik memancing yang tepat, menciptakan suasana tenang, serta memiliki keuletan dan kesabaran, Anda dapat meningkatkan peluang untuk berhasil mencandat sotong. Selamat mencoba dan selamat menikmati pengalaman memancing yang luar biasa dengan mengejar sotong di lautan biru!

 

 

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *